Jumat, 07 September 2012

pemeliharaan dan perawatan komputer


Pemeliharaan dan perawatan Komputer

Dalam pemakaian computer seharusnya dilakukan perawatan dan pemeliharaan secara berkala baik pada CPU maupun monitor. Sehingga tidak dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.
Ada dua tipe perawatan yang bisa kita lakukan, yaitu perawatan pasif dan paerawatan aktif.  Kita namakan pasif, karena perawatan ini lebih mengarah kepada faktor lingkungan dan benda-benda non komputer yang membantu kinerja PC Anda. Sedangkan perawatan aktif adalah perawatan yang kita lakukan dalam tubuh PC itu sendiri.

1.   Metode Perawatan Pasif
Perawatan ini meliputi langkah-langkah yang biasa kita gunakan untuk melakukan proteksi sistem terhadap lingkungan yang normal, baik secara fisik dan elektrikal. fisik meliputi temperatur yang baik, thermal stress dari power, kontaminasi debu atau asap dan gangguan lain seperti getaran atau guncangan. Hal elektrikal meliputi ESD (electro-static discharge)/listrik statis, kebisingan power dan gangguan frekwensi radio.

Tahap-tahap melakukan perawatan pasif :

a. Memilih lokasi untuk komputer yang bebas dari polusi udara seperti asap, debu, kotoran dan polusi yang lain.
b. Memperkecil kemungkinan terjadinya variasi suhu di dalam ruangan.
c. Menyediakan outlet ground dari power yang sudah stabil dan bebas dari gangguan elektris dan interferensi.
d.  Bila memungkinkan, jauhkan komputer Anda dari pemancar atau sumber-sumber frekwensi radio.


2.   Metode perawatan aktif

Intensitas melakukan perawatan aktif sangatlah tergantung dari lingkungan dan kwalitas komponen komputer. Bila lingkungan kita kotor dan berdebu, kita harus membersihkan komputer paling tidak tiga kali dalam sebulan. Namun untuk lingkungan kantor normal, pembersihan komputer dapat dilakukan beberapa bulan sekali dalam setahun. Namun jika kita membuka komputer setelah satu tahun ternyata di dalamnya telah penuh debu, ada baiknya kita memperpendek interval pembersihan.

Tahap-tahap melakukan perawatan aktif :

 Untuk perawatan Operating System :

a.  Melakukan Back up data dan file-file penting pada waktu yang
terjadwal
b. Melakukan clean up dengan menghapus semua file tempore
c. Melakukan scandisk
d. Melakukan defragmentasi file
e. Melakukan checking dan updating anti virus

1 komentar: